RSS

Tinggi Badan Mutlak bagi Pemain Voli

24 Okt

[JAKARTA] Kegagalan Indonesia menggapai satu kemenangan pada kualifikasi Olimpiade yang berakhir Minggu (1/6) di Portugal, salah satu penyebabnya, adalah tinggi badan. Postur tubuh pemain Indonesia kalah tinggi dibanding pemain tim negara lain, Portugal, Polandia, dan Puerto Rico.

“Bukan mencari pembenaran atas kegagalan kami ke Olimpiade. Namun, satu faktor penting adalah tinggi badan sangatlah mutlak dalam pertandingan voli tingkat dunia, atau bahkan Asia,” kata Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) Loudry Maspaitella kepada SP, Selasa (3/6).

Lebih lanjut toser nasional itu mengatakan, keunggulan teknik seorang pemain apabila tidak didukung dengan tinggi badan maka akan sia-sia. “Saat ini, jika PBVSI mempunya visi untuk bertanding di tingkat Asia, harus sudah mulai mencari bibit-bibit pemain yang mempunya tinggi badan di atas 190 sentimeter, dengan usia 16-18 tahun, untuk mulai dilatih dasar-dasar bola voli,” ujarnya.Pada perjuangan ke Olimpiade Beijing, Indonesia harus mengakui kehebatan Polandia, Portugal, dan Puerto Rico.

Dari tiga pertandingan yang dijalani, Indonesia kalah tiga set langsung. Polandia akhirnya menjadi tim yang berhak ke Olimpiade.Saat berlaga di Portugal, Indonesia hanya mempunyai tiga pemain yang bertinggi badan di atas 190 sentimeter. Paling tinggi hanya Ayip Rizal (193). Yang lain di bawahnya, Affan Priyo dan Brian Alfianto yang masing-masing 190 sentimeter.Polandia, kata Loudry, merupakan tim yang mempunyai rata-rata pemain paling tinggi. Dari 12 pemain yang dibawa ke Portugal, enam di antaranya bertinggi badan di atas dua meter. “Yang lain, tingginya di atas 195 sentimeter,” jelasnya.

Salah satu hal yang tidak menguntungkan dari kurangnya tinggi badan, katanya, adalah saat menahan smes. “Seringkali bola yang dilancarkan para pemain Polandia meluncur di atas blok pemain kita,” katanya. Pada Kejuaraan Asia tahun lalu, Indonesia menjadi kontestan yang rata-rata tinggi badan pemainnya paling rendah. [L-9]

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 24, 2013 in khusus VOLY

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: